Jan 22, 2013

RUASDITO

Ceritanya baru ikutan milis ParenThink soal Ruasdito atau Rute Asuh Didik Toge. Sedikit shock juga bacanya karena prinsip pola asuhnya menganjurkan orang tua harus "TEGA" sama anaknya. Tapi setelah rajin-rajin baca dan browsing, akhirnya setuju juga dengan pemikiran Om Toge.

Sebagai orang tua memang kita harus menyiapkan anak kita agar tumbuh menjadi pribadi yang matang dan dewasa (baca: ga galau). Hidup ini sendiri kan udah susah, kalau si anak mentalnya ga kuat kan kasian juga ya.... Sebagai orang tua di ruasdito tugas kita hanya menjadi fasbel (fasilitan belajar) untuk anak. Gampang kann? TETOTTTTTTTT.... salah besarrrrrr!!!

Di dalam ruasdito, si anak diajarkan bagaimana cara bertanggung jawab sejak masih cimit-cimitt, dan kita yang orang tuanya harus tutup mata saat si anak belajar mengambil keputusan (dan menerima konsekuensi dari putusan itu). Mungkin karena Audrey masih kecil banget kayaknya belum berasaa gitu ya, tapi baca-baca milis para orang tua lain yang usia anaknya sudah 3 - 4 tahun suka ikutan deg deg kan, aduh bisa ga ya gw seperti mereka nanti....

Keuntungan dari ikutan milis tersebut, selain belajar pola asuh ya, gw jadi ngaca dan berasa ditampar saat liat penjelasan dari om Toge. Ternyata saya ini, saudara-saudara, masih jauh dari yang namanya kedewasaan. Niatnya mau praktekkan Ruasdito ke Audrey tapi kok rasanya sayanya aja belum bisa seperti itu ya.... Tapi hati ini bertekad, Audrey harus tumbuh menjadi pribadi yang matang dan dewasa.

Huhuhu, begini toh rasanya jadi orang tua yaa.... maunya yang terbaik buat anak, pantesan dulu nyokap suka ngomel ya sama gw hihihi...

No comments:

Post a Comment